Yuk Cari Tahu Keunggulan Folding Door dan Cara Pemasangannya Disini!

Sekarang ini, bentuk pintu yang semakin berubah menyebabkan para pelaku industri mebel harus terus memutar otak bagaimana mengembakannya. Mereka akhirnya memodifikasi berbagai bentuk dari perabotan rumah tangga, termasuk pintu rumah agar terus diminati oleh para konsumen.

Pintu yang biasanya kita kenal adalah sebuah pintu yang bisa dibuka tutup dan memiliki sudut pembukaan sekitar 90 derajat. Sedangkan kini, ada banyak pintu lain yang digunakan untuk mengganti bentuk konvensional tersebut.

Keunggulan Folding Door

Salah satu jenis pintu baru yang merupakan pengembangan dari pintu berbagai rumah jaman dulu adalah folding door atau pintu lipat. Jenis pintu yang satu ini memiliki cukup banyak kelebihan dibandingkan dengan pintu biasanya. Mau tahu apa saja berbagai kelebihan serta cara pemasangannya? Maka semua dapat diperoleh pada artikel ini. Mari disimak baik-baik berbagai informasinya.

Kelebihan Folding Door dan Cara Pemasangannya

Cara membuka pintu lipat adalah tinggal didorong saja ke samping. Sehingga cara pengoperasiannya lebih mudah. Selain kemudahan tersebut ternyata folding door memiliki berbagai kelebihan dan berikut ini informasinya.

1. Hemat tempat

Pintu konvensional yang kita tahu memiliki bentuk yang sangat sederhana, namun jenis pintu tersebut terlalu banyak memakan tempat. Sehingga barang yang berada di dekat pintu terkesan tidak estetik dan bisa mengganjal pintu. Sedangkan jika kalian menggunakan pintu lipat, maka tidak akan banyak menggunakan ruang.

2. Harganya lebih terjangkau

Pintu lipat memiliki bentuk yang sederhana maka harganya juga lebih terjangkau. Karena hal tersebut membuat banyak jenis bangunan yang menggunakannya sebagai penutup ruangan.

3. Awet dan tahan lama

Pintu lipat jenis folding door merupakan jenis pintu yang awet dan tahan lama. Bagi kalian yang ingin membeli pintu jenis ini, kami sarankan untuk selalu membersihkan relnya, sehingga tidak mudah macet. Keawetan pintu lipat juga bergantung pada bahan pembuatan, sehingga pilihlah pintu dengan bahan terbaik.

Ada berbagai jenis bahan dari pintu lipat, diantaranya adalah kayu besi, PVC, hingga kaca dan aluminium. Bagi kalian yang ingin memasang folding door, jangan sembarangan pasang. Berikut ini cara memasang pintu lipat geser dengan baik dan benar.

1. Pasang tiang

Pintu lipat akan memiliki tiang di sebelah kanan dan kirinya. Pemasangan tiang ini harus didahulukan karena akan menyangga pintu ketika akan dipasang. Pastikan tiang yang sedang dipasang lurus dan tidak miring sama sekali.  Jika salah satu atau semua tiang miring, maka pintu lipat tidak akan bisa terpasang dengan sempurna.

2. Pasang rel

Pada tahap kedua anda harus memasang pintu dengan rel. Pintu lipat memiliki landasan berupa rel yang ada di bagian bawahnya. Pemasangan rel tersebut dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan lengan swing.

3. Pasang balok di bagian atas

Bagian balok yang ada di atas berfungsi sebagai tumpuan pintu lipat. Jika balok sudah terpasang, buka lengan swing dan kemudian masukkan semua pintu pada bagian tengah.

4. Tutup lengan swing dan las

Setelah pintu dimasukkan dan dilebarkan, tutup bagian lengan swing. Setelah itu, pada pintu lipat yang sudah dipasang lakukan pengelasan.

Memasang pintu lipat bisa dilakukan dengan cara seperti di atas, asalkan alat yang digunakan untuk memasang tersedia dengan lengkap. Apabila anda tidak ingin repot maka bisa memanggil jasa pemasangan pintu lipat dengan bahan yang anda inginkan atau yang telah disiapkan oleh jasa tersebut. Semoga berbagai informasi di atas dapat memberi ilmu tambahan seputar jenis pintu yang cukup populer ini.

author
Author: