Standar Upah Tukang Bangunan Harian Terbaru

No comment 14 views

Standar Upah Tukang Bangunan Harian – Tukang bangunan merupakan profesi yang tergolong mulia karena memang memberikan manfaat bagi hampir semua orang. Bayangkan saja barisan perumahan, berbagai gedung bertingkat, rumah sakit hingga fasilitas umum yang dapat anda nikmati saat ini tidak lepas dari jasa para tukang bangunan. Walaupun profesi ini tergolong profesi “kelas rendah” namun keberadaannya sangat dibutuhkan oleh banyak orang, dan dapat dikatakan profesi yang satu ini tidak pernah sepi dari para pengguna jasa.

Standar Upah Tukang Bangunan Harian

Untuk jasa para tukang bangunan ini sendiri biasanya rata-rata pengguna jasa memberikan kesepakatan upah yaitu upah bulanan dan upah harian, dalam hal ini rata-rata pengguna jasa mengatakan lebih menyukai untuk memberikan upah harian kepada para tukang bangunan karena dirasa lebih praktis dan fleksibel. Khususnya untuk standar upah tukang bangunan harian pun sebenarnya ada standar perhitungan yang telah ditetapkan, sehingga jika anda memang berencana untuk menggunakan jasa tukang bangunan harian anda tidak akan kesulitan untuk menentukan upah bagi tukang bangunan yang bekerja di tempat anda.

Mau Pakai Jasa Tukang Bangunan Harian? Yuk Ketahui Terlebih Dahulu Standar Upahnya! 

Menggunakan jasa tukang bangunan memang menjadi pilihan terbaik jika anda memiliki rencana untuk membuat bangunan baru atau hanya sekedar melakukan renovasi saja, pilihan menggunakan jasa yang satu ini sangat disarankan apalagi jika anda memang tidak memiliki keahlian atau waktu sama sekali untuk melakukan hal tersebut. Untuk tukang bangunan sendiri bisanya diklasifikasikan menjadi beberapa keterampilan atau keahlian bidang, seperti: tukang gali tanah, tukang batu, tukang kayu, tukang besi hingga tukang cat, yang mana dari keterampilan yang dimiliki oleh tukang bangunan tersebut juga akan berpengaruh pada upah yang akan anda bayarkan nantinya.

Namun, sebelum memulai menggunakan jasa para tukang bangunan ini maka terlebih dahulu ketahui standar upah, terutama jika anda berencana menggunakan tukang bangunan dengan sistem kerja harian dimana standar upah tukang bangunan harian tersebut sangat memiliki perbedaan dengan sistem bulanan. Untuk itu mari simak standar upah harian untuk para tukang bangunan berikut ini yang nantinya dapat anda jadikan sebagai sumber referensi!

  1. Tukang bangunan khusus pekerjaan gali tanah/tukang gali tanah: Rp.45000-Rp.60.000/8 jam,
  2. Tukang bangunan khusus pekerjaan pecah dan susun batu/tukang batu : Rp.75000-Rp.90000/8 jam,
  3. Tukang bangunan khusus pekerjaan belah,potong, dan susun kayu/tukang kayu : Rp.80000-Rp.100000/8jam,
  4. Tukang bangunan khusus pekerjaan potong dan susun besi/tukang besi : Rp.80000-Rp.90000/8jam,
  5. Tukang bangunan khusus pekerjaan pengecatan/tukang cat : Rp.60000-Rp75000/8 jam,

* Hitungan upah diatas berdasarkan standar jam kerja 8 jam/hari

Referensi standar upah tukang bangunan harian diatas dapat anda gunakan jika memang berencana untuk segera menggunakan jasa tukang bangunan pada proyek pembangunan atau renovasi bangunan anda. Ingatlah setiap tukang bangunan memiliki perhitungan upah tersendiri berdasarkan keterampilan dan keahlian masing-masing, sehingga pastikan anda menghitung upah para tukang bangunan dengan benar ya!

author
Author: