Mengapa Kolam Ikan Menggunakan Waterproofing?

No comment 120 views

Anekadekorasi.com – Pernahkah anda mengalami air di kolam ikan yang selalu merembes dan makin lama makin habis? Tentu saja hal ini akan sangat menimbulkan kekhawatiran. Apalagi jika sampai membuat air kolam terkuras habis. Bisa membuat seluruh ikan di kolam akan mati karena kekurangan air bukan?

Memiliki kolam ikan, memang tidak bisa jika hanya asal memasukkan air dan ikan begitu saja, karena resiko kebocoran tentu akan mengintai anda. Nah, solusi untuk mengatasinya anda bisa menerapkan waterproofing untuk kolam ikan.

Mengapa Kolam Ikan Menggunakan Waterproofing

Anda bisa memanfaatkan jenis waterproofing seperti sika, membran bakar, ataupun epoxy coating. Anda tak perlu khawatir mengenai harga waterproofing membran bakar dan waterproofing lain, karena haraganya cukup terjangkau dan tidak menguras kantong. Setelah memilih harga waterproofing yang tepat, jangan sampai anda melupakan pemilihan berdasarkan lokasi pemasangan.

Perlunya Waterproofing untuk Kolam Ikan

Sifat kolam ikan yang rawan kelembaban dan kebocoran, tentu membuatnya memerlukan pelapis anti bocor untuk menanganinya. Nah, di sini waterproofing memiliki peranan penting untuk mengatasi hal tersebut, karena sifat waterproofing sendiri yang kedap air, tahan kelembaban, serta anti bocor.

Tak hanya itu, pemanfaatan waterproofing juga sangat ampuh dalam menjaga struktur kolam yang terus tergenang air. Kolam ikan berbahan beton, memang sering mengalami kebocoran yang diakibatkan oleh keretakan, sudut kolam ikan serta drainase yang terus terpapar air. Area ini merupakan sambungan antar beton sehingga rawan rembes.

Apalagi jika kolam setiap hari terkena panas sinar matahari secara langsung, sudah bisa dipastikan bahwa struktur permukaan kolam akan menurun kualitasnya. Sehingga sangat penting mengaplikasikan waterproofing pada kolam ikan.

Cara Kerja Waterproofing Sebagai Pelapis Anti Bocor untuk Kolam Ikan.

Sebagai pelapis anti air, tentu waterproofing ini sangat efektif untuk menambal setiap permukaan kolam ikan, termasuk bagian sudut kolam ikan dan lantai permukaannya. Sistem kerja yang diterapkan oleh waterproofing ini, yaitu membuat lantai terhindar dari rembesan dengan memberikan perlindungan yang maksimal. Cara ini akan memberi ketahanan pada struktur kolam ikan.

Untuk mendapatkan hasil pengaplikasian waterproofing yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yakni tenaga ahli yang mengerjakan dan harga waterproofing coating, karena kedua hal ini sangatlah mempengaruhi hasil akhir nantinya.

Beberapa pilihan waterproofing yang bisa anda gunakan, misalnya seperti waterproofing membran dan epoxy coating. Untuk waterproofing membran sendiri, terbuat dari komponen propilena dan juga etilena, bercampur bahan karet yang akan memberikan sifat tahan air. Percampuran bahan ini bisa membuat waterproofing tahan dari perubahan cuaca, serta memiliki senyawa yang begitu kuat. Pelapisan yang merata bisa membuat lantai terlindungi saat tergenangi air.

Sedangkan untuk waterproofing epoxy coating, mampu melindungi permukaan dengan bahan polimer seperti cat. Jika bidang kolam ikan tidak terlalu besar, penggunaan waterproofing cat epoxy sudah cukup dalam melindungi kebocoran di kolam ikan anda. Namun jika ukurannya cukup luas, sebaiknya anda menambahkan lapisan poliester.

Untuk memberi perlindungan adhesif yang lebih maksimal, metode flash band self adhesive yang memanfaatkan lembaran flash band ini juga cukup efektif. Yang pasti, semua jenis waterproofing memiliki sistem kerja yang  tahan air. Namun yang terpenting, anda harus memilihnya sesuai tujuan dan lokasi pengaplikasian.

 

author
Author: