Lantai Vinyl atau Parket: Bagusan Mana?

No comment 160 views

Lantai Vinyl atau Parket — Mana yang lebih baik, Lantai Vinyl atau Parket? Rincian berikut mampu menegaskan plus minus kedua-duanya, hingga pertanyaan ini bisa terjawab.

Lantai Parket

Parket

Pelapis Lantai memiliki bahan Kayu Kompak diketahui juga dengan panggilan “Parket” (Inggris: Parquet). Pelapis lantai ini terbawa dari alam. Intinya, datang dari kayu jati, merbau, sonokeling, bengkirai, dan lain-lain. Karakter kayu yang kuat, jelas jadi diantara nilai plus tipe pelapis lantai ini.

Aplikasi parket di tempat tinggal, tidak hanya memberi kesan-kesan alami. Situasi elok, eksklusif serta artistik terbentuk pada saat parket diambil jadi komponen interior lantai.

Kelebihan Parket
Beberapa kelebihan parket ialah:

1. Mencipta kesan-kesan natural-elegan-mewah-dan artistik.

2. Dapat tahan lama—daya tahan itu, benar-benar tergantung di waktu instalasi awal, pengaplikasian di ruangan yang pas, serta pemeliharaan yang benar, jadi 15-20 tahun adalah waktu yang bisa diraih oleh parket.

3. Aman dari zat apa saja, sebab dibuat dari kayu original.

4. Nilai jual tempat tinggal jadi lebih punyai tempat tawar yang tinggi di mata calon konsumen.

Kekurangan Parket
Di samping beberapa kelebihan itu, kekurangan lantai kayu kompak ini juga ada, salah satunya:

1. Harga mahal, sebab tersedianya bahan bakunya yang makin minim di alam.

2. Kelembaban ialah satu diantara demikian kekurangannya; Kelembaban mampu membuat parket memuai serta berkurang, hingga tempatnya di ruang lantai jadi tidak rata atau renggang.

3. Bila berlangsung kerusakan di satu-dua lembaran, jadi proses melakukan perbaikan ruang itu mampu benar-benar menyusahkan. Menyusahkan, sebab tidak cuma satu-dua lembaran yang mampu ditukar; Bisa saja, semua ruang (living room contohnya), harus memperoleh perbaikan yang sama, buat memperoleh penguncian serta perataan yang sama layaknya sebelumnya.

4. Rawan pada guratan benda yang lewat di atasnya.

5. Risiko dikonsumsi rayap benar-benar besar–Kendatipun lantai tempat tinggal yang diterapkan ada di lantai yang tambah tinggi (bukan lantai fundamen), rayap terus-terusan memperoleh ‘jalannya’ untuk menggerogoti parket.

Lantai Vinyl (Vinyl Flooring)

oax vinyl

Walau Lantai Vinyl terlihat layaknya kayu atau bermotif kayu, penutup lantai tipe ini benar-benar tidak memiliki bahan kayu sedikitpun.

Tipe lantai ini sedang hits di pasar dunia, terhitung Jakarta. Hits, sebab biaya material serta pemasangannya yang dipandang customer relatif tambah murah. Biarpun bukan tipe penutup lantai yang paling baik antara tipe pelapis lantai lainnya, lantai vinyl murah seringkali jadi pilihan paling atas, pada saat biaya, motif, kesan-kesan, serta ketahanan, jadi alasan.

Kelebihan Lantai Vinyl
Lantai Vinyl memiliki beberapa kelebihan, salah satunya:

1. Mempunyai potensi water resistant (tahan pada air).

2. Vinyl Flooring benar-benar tahan pada guratan benda (mebel) berat yang ada di atasnya atau yang melintasinya, sebab memiliki layer anti-scratch.

3. Tidak dipengaruhi dengan cahaya matahari walau tersinari matahari dengan waktu yang lama. Cahaya matahari tidak juga membuat Vinyl memuai fisiknya.

4. Bertahan lama ialah diantara kelebihan penting tipe lantai ini. Lantai Vinyl dengan kualitas premium, yang diterapkan dengan mekanisme pemasangan yang benar, bisa bertahan sampai belasan serta beberapa puluh tahun.

lima. Anti rayap sampai kapan saja, sebab materialnya benar-benar tidak memiliki kandungan kayu sedikitpun.

6. Bisa diterapkan di ruangan mana saja (indoor atau outdoor), serta di dinding, plafon, tangga serta meja.

7. Ada beberapa jenis motif kayu, serta custom (untuk Vinyl Karpet); dan lain-lain.

Kekurangan Lantai Vinyl
Tidak ada penutup lantai yang prima tanpa ada kekurangan. Demikian juga dengan Lantai Vinyl. Beberapa kekurangan tipe lantai ini, diantaranya:

1. Rawan pada benda tajam. Sebab bukan dibuat dari kayu kompak, tipe penutup lantai ini benar-benar gampang rusak jikalau menyengaja merusaknya dengan pisau, silet, cutter, dan lain-lain.

2. Satu lembaran rusak, harus beli 1 dus lembaran sama. Berarti, beberapa banyak lembaran tidak mampu dipakai. Bagian positifnya, Kamu bisa simpan lembaran sisa untuk mengantisipasi kerusakan dibagian lain, bila nantinya berlangsung.

3. Dibuat dari VOC (Volatile Organic Compounds), yang tuturnya tidak baik untuk kesehatan. Disebut, sejumlah kecil orang, tuturnya peka pada kandungan VOC yang lepas di udara oleh Vinyl. Kenyataannya, cukup banyak kamar di satu tempat tinggal, serta ruang lembaga kesehatan, yang justeru memakai tipe lantai ini (baik Lantai Vinyl lembaran, ubin, serta atau Karpet Vinyl). Itu penyebabnya, tentang VOC ini mesti analisis medis selanjutnya; dan lain-lain.

author
Author: