Kapasitas, Harga dan Keuntungan Menggunakan Stamper Kodok

Dalam dunia konstruksi, ada beragam peralatan mesin yang mungkin bagi orang awam sangat asing terdengar di telinga. Terlebih dalam proyek pembangunan jalan raya, peralatan seperti tandem rollercore drill, dan CBR bukanlah peralatan mesin yang sering kita jumpai.

Walau begitu, keberadaan barang-barang tersebut sangatlah penting artinya bagi para pekerja konstruksi jalan. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa kepadatan jalan sudah sesuai dengan standar kelayakan dan keamanan.

Keuntungan Menggunakan Stamper Kodok

Stamper Kodok

Salah satu peralatan mesin yang digunakan dalam proyek pembangunan gedung dan jalan raya adalah stamper kodok. Bagi yang belum tahu, stamper kodok merupakan alat yang digunakan untuk meratakan dan juga memberikan kepadatan maksimal terhadap permukaan aspal dan paving. Cara kerjanya adalah dengan mendorong stamper dan kemudian alat tersebut akan bergetar dengan frekuensi ± 4140 vpm (60 Hz) per menit.

Kapasitas

Stamper kodok atau yang juga dikenal sebagai Plate Compactor memiliki berat dan kapasitas yang berbeda-beda, tergantung pada spesifikasinya. Kisaran berat alat ini biasanya sekitar 85-350 kg, tergantung pada jenis mesin dan bahan bakar yang digunakan. Stamper dengan bahan bakar solar dapat menghasilkan tenaga 5.5-15 HP. Kapasitas tangki mampu menampung 3.5-5.5 liter bahan bakar. Dapat menghasilkan impact force antara 13-40 KN dengan kecepatan minimal 20 m per menitnya.

Harga

Seperti kapasitas yang ditawarkan, harganya di saranamutu.co.id juga bergantung pada spesifikasi yang dimiliki oleh stamper kodok. Semakin baik spesifikasi yang dimiliki, maka akan mahal pula harga yang ditawarkan. Harga stamper kodok bervariasi mulai dari 5 juta hingga 26 jutaan. Semakin mahal, maka akan semakin besar pula impact force yang dihasilkan serta semakin cepat juga pekerjaan terselesaikan.

Keuntungan yang Ditawarkan

Ada beragam keuntungan menggunakan stamper kodok dalam proyek pembangunan gedung dan jalan raya. Apa saja itu? Berikut 5 diantaranya.

1. Berukuran Ramping dan Ringan

Stamper kodok memiliki ukuran yang ramping sehingga memudahkan Anda menggunakannya di ruangan dan area yang sempit. Jadi perlu diingat bahwa stamper tidak hanya sering digunakan dalam proyek pembangunan jalan, namun juga pembangunan gedung dan rumah. Fungsinya tetap sama, yaitu untuk memadatkan dan meratakan permukaan tanah. Ukurannya yang cukup ramping membuat stamper kodok fleksibel digunakan dimanapun.

2. Hasil Pemadatan dan Perataan Permukaan Tanah Berkualitas

Proyek pembangunan jalan raya membutuhkan proses pemadatan yang sangat serius. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa jalan raya cukup padat dan kuat dalam menahan beban yang tinggi dari berbagai jenis kendaraan yang akan menggunakan fasilitas jalan raya tersebut. Stamper kodok bekerja sangat baik dalam hal ini. Tidak hanya jalan raya, stamper kodok juga sering digunakan untuk pemadatan paving.

3. Meminimalisir Biaya Operasional

Dengan adanya stamper kodok, proyek Anda menjadi lebih mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga kerja. Perataan dan pemadatan permukaan tanah yang semula dilakukan manual, kini dapat diselesaikan dengan baik menggunakan peralatan mesin yang satu ini. Tentu dapat membuat Anda meminimalisir biaya tenaga kerja dan biaya operasional lainnya

4. Menghemat Waktu

Stamper kodok memiliki kecepatan minimal 20 m per menit, sehingga sangat membantu Anda dalam mempercepat proses finishing. Seperti yang kita tahu, manajemen waktu dalam sebuah proyek sangatlah penting. Oleh karena itu kecepatan dan efisiensi perlu menjadi prioritas.

5. Mudah dan Aman Dioperasikan

Stamper kodok memberikan kualitas hasil yang memuaskan, oleh karena itu banyak pekerja konstruksi yang menggunakannya. Selain menghemat waktu, pengoperasiannyapun sangat mudah dan aman.

author
Author: