5 Cara Menciptakan Dekorasi Interior Ruang Tamu Dengan Konsep Go Green

Di tengah kerusakan alam dan semakin seringnya perubahan iklim membuat kesadaran manusia untuk kembali kepada alam juga sebenarnya semakin baik. Salah satu indikasi dari pandangan ini adalah geliat go green lifestyle yang semakin menemukan tempatnya di masyarakat. Dari mulai desain rumah, konsumsi produk, hingga interior ruang tamu, masyarakat secara umum sudah banyak yang mengadopsi konsep go green.

Dekorasi Interior Ruang Tamu bertema Go Green

Source via: id.aliexpress.com

Khusus bagi ruang tamu, untuk menciptakan konsep go green ada cukup banyak cara yang biasanya dilakukan. Dari yang mungkin secara sederhana dengan memaknainya pada penggunaan dominan cat dinding berwarna hijau, hingga kepada menempatkan beberapa benda yang sifatnya eco friendly.

5 Cara Menciptakan Nuansa Go Green Pada Interior Rumah

Bagi anda yang tertarik untuk menerapkan konsep go green sebagai nuansa utama ruang tamu, maka berikut adalah lima cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mewujudkannya.

1. Meletakkan tanaman di dalam rumah

tanaman di dalam rumah

Source via: furnizing.com

Cara sederhana pertama yang dapat dilakukan untuk membuat konsep go green dalam rumah khususnya interior ruang tamu, adalah dengan meletakkan beberapa tanaman hidup. Tanaman selain menciptakan kesan yang alami, juga dapat membawa pengaruh baik bagi kesehatan seisi rumah. Kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida dan unsur kimia yang berasal dari cat tembok  atau lampu pijar sangat bermanfaat bagi manusia.

2. Membuat jendela yang besar

jendela yang besar

Source via: polarumah.com

Jendela yang besar dan lebar akan memungkinkan ruang tamu untuk mendapatkan pula cahaya matahari yang optimal. Dan cahaya matahari yang masuk dalam rumah tentu sangat baik pula bagi kesehatan para penghuninya. Selain itu, jendela yang besar dan dibuka pada siang hari memungkinkan pula bagi lancarnya sirkulasi udara di dalamnya.

3. Menggunakan perabot dan furniture berbahan dasar kayu

perabot dan furniture berbahan dasar kayu

Source via: VinielaDesign.com

Cara ketiga yang dapat dilakukan untuk membuat desain rumah ramah lingkungan adalah dengan penggunaan perabot dari material alam. Dan karena itu pula kemudian, perabotan atau furniture seperti meja, kursi, rak, dan lain sebagainya diutamakan menggunakan bahan dari kayu. Kayu selain memiliki unsur alami yang murni, juga membuat suasana rumah terkesan klasik, sederhana sekaligus penuh estetika.

Baca juga: Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu Kecil

4. Hanya menggunakan cat tembok yang eco friendly

cat tembok yang eco friendly

Source via: pinterest.com

Selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menciptakan kesan go green pada ruang tamu adalah menggunakan cat tembok yang juga go green. Pengertian cat tembok go green disini bukanlah berarti yang berwarna hijau. Namun lebih kepada material dan unsur-unsur cat yang terbebas dari bahan kimia berbahaya, karena memang ada beberapa cat yang menggunakan senyawa kimia volatile berbahaya dalam kandungannya. Atau juga bisa menggunakan wallpaper dinding agar interior tema go green tetap terjaga.

5. Memanfaatkan panel surya untuk kebutuhan energi listrik

panel surya untuk kebutuhan energi listrik

Source via: infopromodiskon.com

Cara terakhir yang dapat digunakan menuju rumah go green adalah dengan pemanfaatan tenaga matahari secara optimal untuk kepentingan konsumsi energi keluarga. Panel surya yang diletakkan pada atap rumah kemudian hasil listriknya digunakan untuk keperluan penerangan ruang tamu, charging alat elektronik, dan lain sebagainya adalah manifestasi nyata dari konsep go green yang dapat diwujudkan.

Dengan menerapkan konsep go green sebagai inspirasi dasar interior ruang tamu melalui beberapa cara seperti di atas, kita tidak hanya telah melakukan perubahan perilaku untuk menahan laju perubahan iklim dalam tatanan individu. Namun pada waktu yang bersamaan kita juga telah menerapkan sebuah pola hidup yang lebih sehat dan selaras dengan alam. Dan itu tentu saja, sangat baik bagi kelangsungan hidup manusia.

author
Author: