Cara Pasang CCTV Wifi Online di Rumah

No comment 71 views

Cara Pasang CCTV Wifi – Closed Circuit Television (CCTV) merupakan salah satu solusi untuk mengamankan bangunan dari kemungkinan kejahatan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab. Di kota-kota besar pemilik rumah pada umumnya menggunakannya, baik jenis CCTV Online yang dipasang sendiri atau melibatkan tenaga profesional.

cara pasang cctv wifi

Bagi orang awam memang terlihat sulit untuk memasang CCTV sendiri, tapi jika berpatokan pada buku petunjuk yang ada maka semua akan jadi mudah. Berikut ini anekadekorasi.com sajikan bagaimana cara pasang cctv wifi dengan mudah yang bisa Anda terapkan.

6 Cara Pasang CCTV Wifi Online di Rumah

Dengan menerapkan enam cara di atas, Anda sudah bisa memiliki CCTV yang bisa memantau semua kawasan rumah dengan maksimal. Penasaran? Simak informasinya sampai tuntas.

  1. Persiapan

Anda perlu melakukan persiapan, yaitu memastikan perlengkapan pemasangan sudah ada yaitu, obeng, cutter, palu, klem, tang, bor. Sarung tangan, dan tangga. Jika Anda memerlukan perlengkapan tambahan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi biasanya perlengkapan di atas sudah sangat lengkap.

  1. Pemilihan Lokasi dan Jalur Kabel

Selanjutnya pilih lokasi-lokasi yang akan dijadikan tempat CCTV. Jika Anda menggunakan kamera standar maka dibutuhkan lokasi yang penerangannya maksimal di malam hari. sedangkan jika menggunakan kamera yang dilengkapi night vision bisa ditempatkan dimana saja karena penerangannya bisa disesuaikan dengan kondisi sekitar.

Jangan lupa untuk menentukan jalur kabel yang akan digunakan dari CCTV ke power supply, usahakan terlindung dan aman dari hujan dan panas yang berlebihan.

  1. Koneksi

Hubungkan DVR dengan perangkat utama sistem pengawasan Anda seperti komputer atau laptop, koneksikan IP address antara kedua perangkat tersebut dan lakukan sinkronisasi. Lakukan sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada buku panduan pemasangan.

  1. Pasang Kamera

Saatnya untuk memasang kamera CCTV online atau standar di tempat yang sudah ditentukan sebelumnya, pasang menggunakan alat yang suda ada. Pastikan erat dan bisa berfungsi dengan baik saat dinyalakan nanti.

  1. Pasang Konektor

Hubungkan kamera yang sudah terpasang dengan konektor yang sudah disiapkan. Pastikan kondisi konektor siap pakai

  1. Hidupkan CCTV

Ujicoba CCTV dengan menghidupkannya, kemudian lihat apakah koneksi berjalan baik. jika baik maka pada monitor perangkat sistem pengawasan akan langsung terlihat semua tampilan kamera. Jika tidak, maka Anda bisa mengecek kembali konektivitas dan kabel yang dipasang pada power supply.

Apa Saja Perangkat Utama CCTV Wifi?

Untuk memasang perangkat CCTV wifi online dibutuhkan perangkat lengkap, yang biasanya sudah terdapat dalam satu paket CCTV. Apa saja perangkat tersebut?

  • DVR
  • Camera untuk di dalam ruangan, dimana fungsinya untuk melakukan pemantauan aktivitas di dalam ruangan.
  • Camera untuk di luar ruangan, untuk penggunaan luar ruangan yang dilengkapi dengan nigh vision pada beberapa jenisnya.
  • Kabel konektor plus jack untuk menghubungkan kamera dengan DVR
  • Adaptor plus kabel jenis cumi
  • Hard disk untuk penyimpanan data yang kapasitasnya disesuaikan dengan jenis paket yang Anda pilih.

Jumlah dari tiap alat akan berbeda-beda sesuai dengan jenis paket yang Anda pilih, namun pada umumnya setiap paket akan berisikan alat di atas. Jika ingin paket yang lebih lengkap tentu Anda akan membutuhkan biaya lebih besar, biasanya untuk rumah-rumah yang berukuran luas begitu juga perkantoran.

Demikianlah informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang cara pemasangan CCTV Online yang menggunakan jaringan wifi. Sangat gampang untuk dipasang sendiri, asalkan Anda memahami caranya secara detail. Mau membelinya sekarang? Kunjungi toko yang menjual CCTV terbaik, untuk memaksimalkan keamanan hunian Anda.

 

 

 

author
Author: